Sinergi LKPP Tingkatkan Kapasitas Pelaku Usaha Sulawesi Utara
21 Maret 2024 Pukul 17:25
|
mos

Manado – Dalam upaya mengoptimalkan kapasitas pelaku usaha, terutama sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Koperasi (UMKK) di Kota Manado, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) mengambil peran sebagai mitra strategis. Melalui kegiatan Peningkatan Kapasitas Pelaku Usaha (PKPU), LKPP menegaskan komitmennya untuk memperkuat ekosistem usaha di kota Manado secara khusus, dan Provinsi Sulawesi Utara secara umum.


Berdasarkan data Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) per 13 Februari 2024, menunjukkan potensi pengadaan barang/jasa pemerintah (PBJP) untuk UMKK senilai Rp251,1 triliun. Meskipun demikian, realisasi PBJP yang dimenangkan oleh UMKK per 2 Februari 2024 baru mencapai Rp24,6 triliun dari target Rp209,86 triliun, menunjukkan masih adanya potensi besar yang belum tergarap sepenuhnya.


Bentuk dukungan pemerintah kepada UMKK dari sisi regulasi salah satunya dengan mengeluarkan berbagai kebijakan melalui Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Salah satu poin kunci dari kebijakan tersebut adalah kewajiban bagi Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah (K/L/PD) untuk memasukkan produk UMKK dalam Spesifikasi Teknis/KAK dan alokasi minimal 40% anggaran PBJP untuk UMK-Koperasi. Selain itu, paket PBJP senilai hingga Rp15 miliar juga diperuntukkan bagi UMKK dengan pengecualian yang diberikan jika UMKK tidak mampu memenuhi kemampuan teknis yang diperlukan.


Salah satu langkah penting yang diambil adalah memperkenalkan pemanfaatan Katalog Elektronik sebagai sarana untuk memperluas akses pasar bagi UMKK. Dengan adopsi teknologi ini, diharapkan UMKK dapat bersaing secara lebih efektif dan transparan dalam mengikuti proses pengadaan barang/jasa. Acara yang dibuka oleh Plt. Deputi Bidang Transformasi Pengadaan Digital LKPP Patria Susantosa, turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara Steve Kepel, Kamis (21/3). 


Dalam sambutannya, Patria Susantosa mendorong para pelaku UMKK Provinsi Sulawesi Utara untuk dapat berinovasi ke dalam pasar digital yang lebih luas, “Semangatnya tentu adalah peluang yang lebih besar bagi produk bapak/ibu sekalian untuk dapat dibeli dalam pasar digital lokal maupun nasional, melalui katalog elektronik,” ungkap Patria. 


Menyambut baik peluang tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara Steve Kepel menyampaikan bahwa UMKM memegang peranan yang sangat penting dalam stabilitas ekonomi daerah. “Kerjasama kita dalam mewujudkan pengadaan yang berkualitas yang memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi,” papar Steve. 


Kepedulian pemerintah pusat terhadap kemajuan UMKK juga tercermin dalam berbagai kebijakan dan program yang telah diterapkan. Diantaranya melalui sinergi antara LKPP dan dukungan pemerintah pusat, diharapkan UMKK Kota Manado maupun Provinsi Sulawesi Utara akan mampu memberikan kontribusi yang lebih signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi lokal serta peningkatan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Hal ini juga menjadi bagian integral dari visi pemerintah untuk membangun ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di tingkat lokal. (mos/gun)