LKPP Terima Anugerah Anindhita Wistara Data dari BPS
26 September 2024 Pukul 17:10
|
nit

Jakarta – Bertepatan dengan Hari Statistik Nasional 2024 pada Kamis (26/09), Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menerima Anugerah  “Anindhita Wistara Data” Terbaik 2 Kategori Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) dari Badan Pusat Statistik (BPS). Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Plt. Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti kepada Plh. Kepala LKPP Iwan Herniwan.

Amalia menjelaskan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi BPS terhadap kontribusi LKPP dalam menyediakan dan meningkatkan data statistik berkualitas di Indonesia. “Statistik yang berkualitas sangat penting untuk mencapai tujuan Indonesia Emas 2045. Kolaborasi yang erat adalah kunci dalam pengadaan statistik,” terangnya.

Ditemui di tempat terpisah, Iwan menyatakan bahwa penghargaan ini menunjukkan komitmen LKPP dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS). “Alhamdulillah, pengelolaan data statistik di LKPP mendapat apresiasi. Hasil ini menjadi modal besar bagi kami untuk meningkatkan reformasi birokrasi di LKPP,” ujar Iwan.


Hasil dari Program Evaluasi Penyelenggara Statistik Sektoral 2024, LKPP meraih nilai Indeks Pembangunan Statistik 3.38 dengan predikat “Baik”. Iwan menambahkan bahwa pencapaian ini mencerminkan manajemen data pengadaan barang/jasa yang baik dan lengkap, untuk mendukung transparansi dan akuntabilitas.


Kepala Pusat Data dan Informasi LKPP Gusmelinda Rahmi, menekankan pentingnya kerja sama seluruh jajaran LKPP dalam menyajikan data berkualitas. Salah satunya melalui Aplikasi Monitoring-Evaluasi Lokal (AMEL) dan portal Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia (PPSDM) LKPP.


“Tahun lalu kita di posisi 10 besar, kini terbaik nomor 2. Kami akan terus berupaya melakukan perbaikan agar tahun depan meraih posisi terbaik,” tutupnya.


Dengan penghargaan ini, LKPP semakin berkomitmen untuk meningkatkan kualitas data dan mendukung tata kelola pengadaan barang/jasa pemerintah yang lebih baik. (nit)