Katalog Elektronik Dorong P3DN dan Pembangunan Industri Indonesia
18 September 2024 Pukul 12:40
|
octriz

Tangerang - Kementerian Komunikasi dan Informatika berkolaborasi dengan Kementerian Pertanian menggelar Temu Bisnis Aksi Afirmasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Tahap Kedelapan Tahun 2024 di ICE BSD, Tangerang, pada Selasa (17/09). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Deputi Transformasi Pengadaan Digital LKPP Patria Susantosa dan Kepala Biro Humas dan Umum Dwi Rahayu Eka Setiowati. 

Kegiatan ini dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Dalam sambutannya, Luhut menegaskan enam kunci keberlanjutan untuk aksi afirmasi belanja produk dalam negeri, meliputi kewajiban prioritas belanja produk domestik, prioritas belanja UMKM-Koperasi, perluasan sertifikasi TKDN, akselerasi transformasi digital pengadaan, standarisasi dan integrasi data pengadaan, serta penguatan dasar hukum melalui pengesahan RUU PBJ Publik.

Luhut juga mengungkapkan, “Katalog elektronik yang kini menampilkan 9,4 juta item produk merupakan langkah besar dalam memproyeksikan masa depan industri Indonesia. Ini merupakan hasil kerja sama tim yang sangat baik,” ujarnya.

Dalam kesempatan terpisah, Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Mira Tayyiba, memaparkan bahwa acara ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 mengenai percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk UMKM-Koperasi. Mira berharap temu bisnis ini dapat mendorong realisasi belanja produk domestik oleh K/L/PD untuk mencapai 95% dari anggaran belanja barang/jasa.

Mira juga menekankan perlunya peta jalan untuk pengembangan produk dalam negeri guna menciptakan industri yang berdaya dan mampu memproduksi perangkat teknologi informasi dan komunikasi, yang saat ini masih tergantung pada produk luar negeri.

Dengan demikian, katalog elektronik menjadi alat vital dalam mendukung P3DN, memperkuat efisiensi, dan transparansi proses pengadaan. Penguatan di berbagai sektor pengadaan akan terus dilakukan untuk memajukan industri domestik. (oct/riz)