LKPP Tingkatkan Daya Saing Pelaku Usaha Dalam Negeri Lewat Event Inabuyer B2B2G Expo 2024
15 Mei 2024 Pukul 19:50
|
nit

Jakarta - Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) serius tingkatkan kapasitas pelaku usaha dalam negeri untuk mampu berdaya saing di dalam maupun luar negeri. Upaya tersebut dilakukan LKPP dengan hadir dengan memberikan layanan konsultasi pada acara Inabuyer B2B2G Expo 2024 yang diselenggarakan hasil kolaborasi antara Kementerian Koperasi dan UKM, LKPP, dan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) pada 15 - 17 Mei 2024 di Gedung Smesco, Jakarta.


Sekretaris Utama LKPP Iwan Herniwan yang hadir mewakili Kepala LKPP dalam sambutannya  mengatakan, LKPP memiliki common goals untuk pengadaan barang/jasa yang terintegrasi dari sabang hingga merauke. Oleh karena itu dengan semangat mewujudkan hal tersebut, LKPP membutuhkan sinergi seluruh pihak untuk mensukseskan implementasi kebijakan dan regulasi yang telah disusun.


“Kita rumuskan Rancangan Undang-Undang Pengadaan Barang/Jasa Publik (RUU PBJ Publik) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menggerakkan roda dan pertumbuhan ekonomi nasional untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Hal ini menjadi penguat pasar PBJ yang terintegrasi dari sabang sampai merauke yang lebih akuntabel dan berintegritas,” kata Iwan.


Lebih lanjut, Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia Jerry Sambuaga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada LKPP yang turut mendorong dan memajukan pelaku usaha dan industri dalam negeri agar bisa berdaya saing dan naik kelas. 


“Terima kasih kepada LKPP atas keberpihakan pemerintah yang telah mendorong dan mendukung produk lokal menjadi prioritas dalam belanja pemerintah. Inabuyer B2B2G Expo 2024 merupakan gabungan suatu langkah nyata untuk membuka pasar dan peluang usaha bagi para pelaku usaha agar naik kelas,” kata Jerry. 


Melibatkan lebih dari 200 exhibitor dari berbagai sektor termasuk pemerintah pusat dan daerah, BUMN, BUMD, swasta, asosiasi UMKK, dan lainnya, LKPP berharap Inabuyer B2B2G Expo 2024 dapat menjadi wadah bagi para pelaku usaha dan industri dalam negeri untuk membuka kesempatan dan peluang yang besar bagi para pelaku usaha untuk memperluas jaringan usahanya.


Inabuyer B2B2G Expo 2024 diharapkan menjadi momentum penting dalam memperkuat kolaborasi antara sektor pemerintah dan swasta, serta memperkuat ekosistem usaha dan industri dalam negeri untuk mencapai tujuan bersama dalam membangun Indonesia yang lebih mandiri dan berdaya saing serta memperkuat Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).  (nit)