LKPP Dorong UMKK Sediakan Produk yang Banyak Dibutuhkan Pemerintah
16 Mei 2024 Pukul 21:00
|
tdf

Pati - Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dorong para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Koperasi (UMKK) untuk berpartisipasi dalam Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) pemerintah melalui katalog elektronik. Untuk mengetahui barang/jasa yang dibutuhkan pemerintah, masyarakat dan penyedia dapat memantau melalui Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP). 

LKPP sudah melakukan penyederhanaan proses penyedia untuk masuk ke dalam katalog elektronik. “Pelaku UMKK yang masuk bisa menyediakan produk yang beragam di katalog elektronik. Produk yang dibutuhkan pemerintah tidak hanya pakaian dan makanan, masih banyak produk lokal lain yang banyak dibutuhkan,” papar Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah LKPP Setya Budi Arijanta pada kegiatan Optimalisasi Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Pemberdayaan UMKK Pada Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) Pemerintah Melalui Katalog Elektronik di Kabupaten Pati pada Rabu (15/5).

Setya menambahkan bahwa saat ini banyak sekali produk lokal yang dihasilkan UMKK, oleh karenanya pelaku UMKK harus didorong untuk masuk dalam PBJ Pemerintah. Dengan partisipasi UMKK melalui katalog elektronik, mereka dapat, memperluas jangkauan pasar mereka. Ia percaya bahwa dengan meningkatkan partisipasi UMKM dalam pengadaan pemerintah, pemberdayaan masyarakat sekitar juga akan meningkat, menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Wahyu Setyawati yang mewakili Bupati Kabupaten Pati mengapresiasi kegiatan LKPP ini.  “Saat ini upaya yang kami lakukan yaitu peningkatan literasi digital bagi pelaku usaha, utamanya untuk pelaksanaan PBJ melalui katalog elektronik,” terangnya. Ia pun berharap nantinya dapat menggandeng UMKK untuk dapat meningkatkan daya saing mereka, memastikan produk mereka sesuai dengan standar dan permintaan pemerintah.

LKPP terus berupaya untuk mengajak para pelaku UMKK di setiap daerah untuk bergabung dalam katalog elektronik, utamanya dengan adanya berbagai kemudahan menjadi penyedia.  Katalog elektronik dapat memberikan akses pasar yang lebih luas bagi UMKK. Harapannya, partisipasi UMKK dalam PBJ pemerintah melalui katalog elektronik dapat berdampak positif pada ekonomi lokal serta menggerakkan ekonomi nasional. (tdf)