Kepala LKPP Bersama Dharma Wanita Persatuan LKPP Ajak Pegawai LKPP Deteksi Dini Cegah Kanker
20 Februari 2024 Pukul 13:30
|
Nit

Jakarta - Dikalangan masyarakat Indonesia, selain jantung, kanker merupakan penyakit yang banyak ditemukan. Untuk itu, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/jasa Pemerintah atau LKPP mengajak seluruh pegawai LKPP untuk aktif dalam membangun pola hidup sehat dan menyadari pentingnya deteksi dini melalui Sosialisasi Kesehatan Deteksi Dini dan Pencegahan Kanker pada Selasa, (20/02).

Kepala LKPP Hendrar Prihadi atau yang kerap disapa Hendi pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa deteksi dini kesehatan sangat penting dilakukan karena dapat meningkatkan peluang kesembuhan dan mengurangi risiko komplikasi jika timbulnya penyakit.

"Penting untuk dicatat bahwa tidak ada cara pasti untuk mencegah kanker sepenuhnya, tetapi upaya deteksi dini dan perubahan gaya hidup sehat dapat secara signifikan mengurangi risiko berbagai macam penyakit terutama kanker,"" kata Hendi.

Lebih lanjut, Hendi mengungkapkan problematika yang terjadi di Indonesia adalah tidak menyadari pentingnya kesehatan diri. Menurutnya, pola kewaspadaan tinggi harus dikembangkan agar tanda-tanda dari penyakit berbahaya dapat segera terdeteksi dan ditangani secara dini karena seringkali diketahui setelah stadium lanjut dan penyakit sudah sangat sulit untuk ditangani.

Oleh karena itu, melalui giat ini Hendi ingin pegawai LKPP menjalankan strategi "CERDIK" untuk mencegah penyakit kanker sedini mungkin. "CERDIK" yakni Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet seimbang, Istirahat yang cukup, dan Kelola stress. "Maka dengan strategi CERDIK ini, insyaAllah Allah SWT akan memberikan Kesehatan dan kekuatan untuk bisa bersama mendidik keluarga dengan baik," imbuh Hendi.

Senada dengan itu, hadir sebagai salah satu narasumber, Ketua Forum Kota Sehat Kota Semarang Krisseptiana Hendrar Prihadi atau dikenal Tia Hendi mengungkapkan untuk terhindar dari munculnya berbagai macam penyakit, perilaku hidup bersih dan sehat perlu untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Kita harus bisa berfikir positif dengan mengkonsumsi apa yang baik untuk tubuh kita. Makan makanan yang sehat bergizi, olahraga, dan hindari stress. Sehingga berbagai penyakit yang mungkin timbul akibat pola hidup yang tidak sehat dapat dihindari. Pentingnya deteksi dini dapat mengatasi sesegera mungkin penyakit dan tidak memperparah kondisi kesehatan. Bagaimana kita aware dengan kesehatan kita, jika ada hal yang tidak baik maka akan segera diketahui lebih cepat," ungkap Tia sekaligus menutup giat sosialisasi tersebut.

Pada giat ini, pegawai LKPP juga diberikan kesempatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan seperti cek gula darah dan deteksi dini cegah kanker melalui pemeriksaan Pap Smear. Melalui pemeriksaan Pap smear diharapkan dapat mendeteksi perubahan sel pada leher rahim yang bisa menunjukkan adanya infeksi, peradangan, atau bahkan tanda-tanda awal kanker serviks. Pemeriksaan Pap smear sangat penting untuk deteksi dini kanker serviks yang dapat meningkatkan peluang kesembuhan. (nit)