Dorong UMKK Jepara Go Nasional, LKPP Sosialisasikan Katalog Elektronik
15 Mei 2024 Pukul 14:40
|
tyades

Jepara – Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) tidak henti-hentinya mendorong Usaha Mikro Kecil dan Koperasi (UMKK) turut serta dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Sebagaimana diketahui bahwa UMKK merupakan salah satu tonggak perekonomian, maka dukungan terhadap UMKK merupakan strategi yang penting dalam menggerakkan perekonomian daerah.


Dengan semangat meningkatkan partisipasi UMKK lokal, LKPP menggelar kegiatan sosialisasi bertema Produk Lokal Go Nasional, pada Senin (13/05). Kegiatan ini bertujuan untuk menggerakkan performa produk lokal menuju tingkat nasional melalui Katalog Elektronik.


Hal ini merupakan langkah nyata yang dilakukan LKPP bersama Pemerintah Kabupaten Jepara demi menjalankan amanat dalam Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 (Inpres 2 Tahun 2022) tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi Dalam Rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.


Kepala LKPP Hendrar Prihadi atau yang dikenal dengan Hendi menyampaikan bahwa setiap tahun anggaran belanja K/L/PD mencapai Rp1226,2 triliun. Kondisi demikian menjadi peluang besar bagi pelaku usaha lokal.


“Jadi, dari Rp1226,2 triliun tadi, 40 persennya sekitar paling tidak 490 triliun, akeh e rak karuan (banyak sekali), masa sih gak bisa nyiprat ke kita (UMKK), ke teman-teman UMKK, semuanya akan bisa. Sepanjang kita mau membenahi, belajar digitalisasi, tayang produk di katalog, kemudian produk kita akan dibeli pemerintah, dan inilah peluang pasar untuk UMKK di Jepara.” Tegas Hendi.


Lebih lanjut, Hendi menambahkan bahwa LKPP konsisten mendorong seluruh K/L/PD untuk belanja PDN dan produk UMKK. Langkah ini penting dalam meningkatkan dan mempertahankan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sudah berada di atas 5%.


Giat yang melibatkan 150 pelaku UMKK Jepara tersebut, Hendi juga memotivasi para UMKK terus berusaha meningkatkan usahanya agar naik kelas dalam mewujudkan Indonesia emas. “Kapasitas saya hari ini sebagai Kepala LKPP fokus pada katalog elektronik, tentunya dengan memotivasi Anda untuk bisa naik kelas,” tutupnya.


Turut hadir PJ Bupati Jepara, Edy Supriyanta dalam sambutannya mengungkapkan kebanggaannya bahwa Kabupaten Jepara menjadi salah satu kabupaten yang didukung secara penuh oleh LKPP untuk meningkatkan UMKK masuk skala nasional dengan berpartisipasi melalui katalog elektronik.


“Mas Hendi, matur nuwun, Jepara diberikan kepercayaan untuk menghubungkan anak-anak muda kita yang luar biasa untuk meningkatkan UMKK di Jepara,” ungkapnya. Dirinya juga berharap produk Jepara dapat dipasarkan secara maksimal dan semakin maju agar dapat bersaing secara nasional.


Setelah kegiatan ini, diharapkan produk-produk lokal dari Kabupaten Jepara dapat dikenal secara luas di tingkat nasional melalui Katalog Elektronik. Sehingga dalam jangka panjang dapat meningkatkan pendapatan dan pembangunan ekonomi di Kapubaten Jepara. (tya/des)