Pemda Banyumas dan LKPP RI Gencar Sosialisasikan Pengadaan Barang dan Jasa Desa
29 Februari 2024 Pukul 19:54
|
banyumasekspres

PURWOKERTO –  Pemerintah Kabupaten Banyumas bekerja sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Republik Indonesia menyelenggarakan sosialisasi Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Desa di Pendopo Si Panji. Acara ini bertemakan “Isu Strategis Pengadaan Barang atau Jasa Desa” dan dihadiri oleh berbagai pihak terkait, Pada Kamis (29/02/2024).


Hadir sebagai narasumber utama adalah Ketua LKPP RI, Hendrar Prihadi. Kegiatan ini dihadiri oleh 376 peserta yang terdiri dari Biro APBJ, OPD, Camat, Kepala desa, dan perwakilan UMKM.


Kepala Biro Humas dan Umum LKPP RI, Dwi Rahayu Eka Setyowati, menjelaskan bahwa sosialisasi PBJ Desa dilakukan karena pengadaan barang dan jasa memiliki peran penting sebagai katalisator pembangunan nasional dan daerah. “Proses ini sangat penting dalam tata kelola pemerintahan desa dan memerlukan wawasan yang memadai,” ungkapnya.


Pj Sekda Kabupaten Banyumas, Junaidi, menegaskan bahwa sosialisasi ini krusial di era pengadaan barang dan jasa, yang merupakan bagian integral dari tata kelola pemerintahan. Ia juga menyoroti tiga prioritas perubahan untuk memaksimalkan dana desa, yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat, kualitas hidup manusia, dan penanggulangan kemiskinan.


Ketua LKPP RI, Hendrar Prihadi, dalam kesempatan tersebut, berharap bahwa melalui sosialisasi ini, desa-desa dapat memahami lebih baik proses pengadaan barang dan jasa. “Para kepala desa bisa berpartisipasi aktif dalam hal ini tanpa ragu,” ungkapnya, sambil menyampaikan bahwa dalam lima tahun terakhir, pengumpulan dana APBN dan APBD selalu di atas seribu triliun.


Sumber: https://www.banyumasekspres.id/banyumas/pemda-banyumas-dan-lkpp-ri-gencar-sosialisasikan-pengadaan-barang-dan-jasa-desa/29/02/2024/